Cara Membuat Teh Melati Secara Tradisional

Cara Membuat Teh Melati Secara TradisionalMungkin anda sudah tidak heran jika mendengar teh melati. Ya, teh melati merupakan minuman tradisional dari Jawa Barat, dinamakan dengan teh melati karena aroma dari teh tersebut memiliki harum seperti bunga melati. Untuk menikmati jenis teh ini anda bisa menikmatinya kapan saja, karena jenis teh ini cocok di segala waktu dan kondisi, serta dapat dinikmati hangat ataupun dingin. Saat ini sudah ada banyak sekali orang yang telah menyediakan teh melati secara instan dan dapat langsung anda nikmati, tetapi ternyata untuk membuat teh ini tidaklah sulit, anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan cara yang sederhana dan tentunya masih tradisional.

Sebelum anda mengetahui langkah-langkah untuk membuat teh melati, sebaiknya anda harus mengetahui bahan apa saja yang digunakan untuk membuat teh melati. Bahan yang digunakan adalah sebagai berikut ini.

  1. 1 kantung teh
  2. Air
  3. 10 – 15 buah bunga melati
  4. 2 sdm gula pasir

Langkah atau cara untuk membuat teh melati adalah sebagai berikut ini.

  1. Rebus terlebih dahulu bunga melati yang telah mekar selama 15 – 20 menit atau sampai tercium baum harum.
  2. Sebari menunggu siapkan air panas dan seduh kantung teh sampai air berubah menjadi warna pekat.
  3. Jika rebusan sudah matang secara sempurna angkat bunga melati, pisahkan dengan air dan tiriskan.
  4. Masukan air teh dan campurkan teh dengan air melati, pastikan air melati yang direbus dan air teh mempunyai takaran yang sama, akan lebih baik dicampurkan langsung ke dalam gelas.
  5. Tambahkan gula pasir 2 sdm, atau juga bisa disesuaikan dengan selera pribadi anda.

Itulah cara untuk membuat minuman tradisional khas Jawa Barat teh melati yang tentunya baik untuk kesehatan tubuh. Jika anda menginginkan rasa yang lebih enak lagi, anda bisa menambahkan madu ke dalam air teh minimal 1 sdm atau juga bisa disesuaikan dengan selera, sudah sangat jelas bahwa rasanya akan semakin lezat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *