Ini Perbedaan Cuka Pempek Palembang

Siapa yang tidak mengetahui makanan khas Palembang ini? Pempek Palembang adalah salah satu makanan yang sangat digemari baik oleh masyarakat Palembang sendiri ataupun masyarakat di luar Palembang. Pempek ini merupakan salah satu makanan tradisional Sumatera Selatan. Pempek terbuat dari ikan dan tepung sagu. Rasanya yang kenyal dan gurih ini dengan saus khasnya yang asam pedas sangat nikmat. Pempek sekarang ini cukup berbeda dengan pempek dulu. Dulu pempek terbuat dari ikan Belida yang diambil dari sungai Musi, ikan Belida ini mempunyai rasa dan aroma yang lebih gurih. Berbeda dengan pempek sekarang yang terbuat dari ikan gabus, tetapi rasanya tetap gurih.  Selain ikan gabus, pempek sekarang juga dibuat dari berbagai macam ikan air tawar seperti ikan putak, toman, dan bujuk. Atau bisa juga terbuat dari ikan air laut seperti tenggiri, parang-parang, kakap merah, atau ekor kuning.

Dalam penyajiannya pempek selalu ditemani oleh saus cuka yang berwarna hitam kecokelatan. Cuka ini dapat Anda buat sendiri dengan air yang dididihkan, lalu ditambah gula merah, udang ebi, dan cabai rawit tumbuk, garam, dan bawang putih. Kemudian tidak ketinggalan makanan pelengkap lainnya adalah irisan dadu timun segar dan mie kuning. Pempek ini mempunyai banyak sekali jenisnya mulai dari pempek kapal selam yang isinya telur ayam yang dibungkus adonan pempek, kemudian pempek lenjer. Pempek bulat, pempek pistel yang isinya irisan pepaya muda rebus yang dibumbui, pempek kulit ikan, pempek keriting, dan pempek telur ikan.

Nah, biasanya untuk pempek asli di Sumatera ini penyajian cuka dibuat sangat pedas untuk menambah nafsu makan, karena sejatinya masyarakat daerah Sumatera menyukai masakan-masakan pedas. Namun, semakin lama pempek ini semakin sudah dikenal masyarakat bukan hanya daerah Sumatera. Bahkan di pulau Jawa saja pempek sudah sangat banyak dijual. Tetapi perbedaannya adalah pada cukanya. Oleh masyarakat selain daerah pulau Sumatera ini cuka sering dibuat dengan rasa manis, karena kebanyakan masyarakat ini tidak begitu menyukai pedas seperti masyarakat Sumatera pada umumnya. Sehingga rasa cuka yang sedikit berbeda menjadi ciri khas dari cuka Sumatera atau cuka daerah lain. Bagi Anda yang berminat dengan makanan khas Palembang ini, sekarang Anda tidak perlu jauh terbang ke Sumatera, Anda sudah dapat menikmatinya di berbagai tempat dimanapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *