Kuliner Dan Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia

Jika kita membicarakan mengenai kuliner, tentu hal ini sangat berkaitan dengan jenis makanan, minuman, camilan yang tentunya mengunggah selera. Berkaitan dengan ini, konsumsi yang dilakukan sehari-hari juga sangat erat kaitannya dengan masak memasak. Tak heran jika seseorang berniat mengunjungi sebuah tempat hanya untuk menikmati makanan atau masakan khas dari daerah tersebut. Hal ini dikarenakan setiap daerah mempunyai ciri khas atau keunikan sendiri dari suatu masakan tersebut. Memperpadukan wisata makanan dengan menikmati makanan khas daerah dipadukan dengan jalan-jalan memanglah sesuatu yang menyenangkan. Kini kuliner bisa dikatakan sebagai gaya hidup karena berkaitan erat dengan makanan yang merupakan kebutuhan manusia.

Tak heran, jika para pengusaha bisnis memulai bisnis dengan mengolah makanan menjadi sesuatu yang khas, unik, agar banyak yang menyukainya. Bahkan jika para pebisnis sangat cermat dalam mengolah hasil pasar, hal ini sangat menguntungkan beberapa pihak. Yang paling diuntungkan pertama disini adalah pembeli, kemudian pebisnis, bahkan para umkm juga merasa diuntungkan karena sesuatu yang unik didaerahnya menjadi ciri khas daerah tersebut. Jika hal ini terus berlangsung, maka ekonomi kreatif Indonesia dapat mengalami perkembangan yang sangat pesat. Aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan kuliner mampu membuat industri kreatif menghasilkan sesuatu daya kreasi yang berbeda dari biasanya. Pengembangan sektor industri kreatif  ini diharapkan mampu melakukan studi terhadap makanan khas Indonesia yang diharapkan juga mampu menyaingi pasar internasional. Sebuah studi tersebut juga diharapkan bisa memberikan data dan informasi yang lengkap kemudian bisa disebarluaskan melalu media, sehingga mampu meningkatkan daya saing pasar internasional. Mengapa hal ini sangat penting? Hal ini dikarenakan bahwa di Indonesia mempunyai warisan budaya yang berupa makanan khas daerah yang merupakan keunggulan tersendiri bagi Indonesia.

Kini peran pemerintah juga diharapkan mampu memberikan perhatian dan pengolahan yang tepat, sehingga menarik dan bernilai ekonomis yang tinggi terhadap makanan. Kegiatan ekonomi ini kedepannya juga diharapkan mampu diminati oleh seluruh masyarakat luas untuk mengembangkan usaha kuliner. Sektor industri kreatif ini sudah dari dulu memiliki pasar tersendiri, tak hanya di Indonesia saja tapi juga Internasional. Sektor ini diantaranya membuat makanan khas daerah dan cara pemasarannya. Kini sektor di Indonesia juga bisa dikatakan cukup luas dalam pemasarannya dan cukup menjanjikan karena mempunyai nilai ekonomis yang tinggi.

Diharapkan para pelaku usaha kuliner memanfaatkan ini dengan baik, agar perkembangan ekonomi Indonesia kedepannya juga meningkat. Bentuk pengolahan, mengolah inovasi, dan memperpadukan sesuatu yang unik tentunya sangat berpengaruh dalam kesuksesan usaha di bidang makanan dan minuman ini. Dan para pelaku umkm juga diharapkan mampu memngembangkan bisnis kecilnya agar berkembang di kemudian hari. Demikian informasi mengenai kuliner dan pengembangan ekonomi kreatif Indonesia, semoga bermanfaat bagi anda. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *