Kuliner Khas Yogyakarta yang Tidak Boleh Dilewatkan Saat Berkunjung Daerah Istimewa Ini

Sama dengan namanya, Daerah Istimewa Yogyakarta, kota yang satu ini memang menjadi kota yang istimewa dalam berbagai hal, salah satunya adalah soal kuliner khas-nya. Memiliki kesempatan untuk berlibur ke Yogyakarta tak lengkap rasanya jika tidak mencoba deretan makanan-makanan lezatnya yang khas dan bakal membuat semakin betah di Yogyakarta. Nah, berikut ada beberapa kuliner khas Yogyakarta yang tidak bisa dilewatkan ketika berkesampatan untuk bertandang ke Kota Budaya ini.

1. Gudeg

Bicara soal kuliner khas Yogyakarta, pastinya tidak bisa dijauhkan dari “Gudeg”. Ya, memang gudeg menjadi salah satu kuliner khas Yogyakarta. Bahkan Yogyakarta sendiri memiliki julukan sebagai Kota Gudeg. Gudeg sendiri merupakan sebuah masakan yang terbuat dari nangka muda yang dmasak memakai santan kemudian ditambahkan beberapa lauk sebagai pelengkapnya. Ada beberapa macam Gudeg, ada Gudeg Basah, Kering dan juga ada Gudeg Manggar. Kalau Gudeg Basah disajikan dengan ada sedikit kuah yang kental dan gurih. Kemudian untuk yang kering memiliki tekstur warna yang kecoklatan dan tidak berkuah, cara pembuatannya pun lebih lama dibandingkan dengan Gudeg Basah. Sementara Gudeg Manggar ialah gudeg yang dibuat dari bunga kelapa, akan tetapi Gudeg Manggar masih belum terlalu populer. Salah satu warung Gudeg yang legendaris di Yogyakarta adalah Gudeg Pawon.

2. Mangut Lele

Mengut Lele adalah salah satu makanan khas dari Mataraman (Yogyakarta-Solo) dan Semarang – Kendal. Bumbu khas yang dimasak begitu meresap ke daging ikan lele karena memang proses pembuatan Mangut Lele memakai metode diatas tungku memakai kayu bakar. Kemudian juga ada kuah yang mengguyur ikan lele yang dibumbui ini dan guyuran kuah dari santan inilah yang semakin membuat cita rasa Mangut Lele Semakin Lezat. Mangut Lele di Yogyakarta yang cukup terkenal adalah Mangut Lele Mbah Marto.

3. Sate Klatak

Sate klatak juga menjadi satu sajian khas Yogyakarta yang tidak boleh dilewatkan saat berada di sini. Nah, salah satu warung sate klatak di Yogyakarta yang terkenal adalah Sate Klatak Pak Pong. Sate klatak merupakan sate kambing namun memiliki tektur yang lebih lembut dan rasa yang khas dibandingkan sate kambing pada umumnya Yang membuat sate klatak khas Yogyakarta memiliki cita rasa yang lezat dan teksturnya yang lembut adalah karena proses pembuatannya. Daging kambing yang dibuat sate ditusuk memakai tusuk berbahan besi yang merupakan jeruji besi sepeda. Besi inilah yang bisa menghantarkan panas yang baik pada seluruh bagian daging kambing. Kemudian juga bumbu-bumbu sate klatak pun sangat khas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *