Lalapan Khas Masakan Sunda

Sunda adalah sebuah suku yang berada di bagian barat pulau Jawa. Jika berbicara tentang suku sunda ini, pastinya Anda langsung berpikir tentang cita rasa khas sunda yang lebih asin. Begitu juga dengan lalapan, seperti yang diketahui bahwa orang sunda sangat menyukai lalapan. Sehingga tidak ada salahnya jika kebanyakan masakan sunda disertai dengan lalapan. Misalnya saja nasi timbel. Nasi timbel ini merupakan makanan khas sunda yang sekarang ini sudah mempunyai banyak versi. Nasi timbel ini sangat unik karena biasanya disajikan dengan nasi yang dibungkus daun pisang yang ditemani lauk seperti ikan asin, pepes ikan, ayam goreng, empal, tawes, dan japuh. Tidak lupa dengan lalapan dan sambal khas sunda yang sangat tradisional.

Tidak hanya nasi liwet saja, ternyata lalapan juga digunakan oleh masyarakat untuk makan nasi liwet. Nasi liwet memang tidak hanya terkenal sebagai makanan khas sunda saja, tetapi makanan khas Solo juga. Untuk versi sunda, nasi liwet ini dianggap sudah mempunyai cita rasa yang sangat gurih padahal tidak menggunakan santan. Rasa gurih tersebut didapatkan dari bumbu rempah yang dimasukan langsung ketika memasak nasi. Seperti batang serai, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, daun kemangi, jambal roti, dan daun salam. Biasanya masyarakat menyantap hidangan nasi liwet ini dengan menggunakan ikan asin, gorengan seperti tahu, tempe, dan tidak lupa juga lalapan.

Yang terakhir adalah Nasi tutug oncom. Tahukah Anda tutug oncom? Nasi tutug oncom ini sangat tradisional sekali. Sajian nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau oncom bakar akan enak dinikmati dalam keadaan hangat. Tutug oncom ini juga dapat divariasikan dengan menggunakan lauk pauk lain seperti ikan asin, ayam goreng, tahu tempe dan tentu saja lalapan. Lalapan untuk masyarakat sunda seperti suatu teman nasi yang harus ada di berbagai masakan apapun. Sehingga jangan heran jika Anda makan di tempat masakan sunda piring Anda penuh dengan lalapan. Tutug oncom ini berasal dari kota Tasikmalaya, jika Anda ingin mencobanya, Anda dapat menuju kota tersebut. tetapi sekarang ini sudah banyak makanan khas sunda di kota-kota lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *