Resep Kulit Lumpia

Resep lumpia Semarang memang bukan resep masakan asli Indonesia, tetapi saat ini sudah menjadi salah satu makanan cemilan yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Lumpia semarang sendiri perpaduan antara makanan asal Tiongkok dan Jawa. Sekarang mencari kulit sangat mudah anda tinggal pergi ke supermarket, toko swalayan, pasar bahkan peedagang sayur keliling pun menjual kulit lumpia ini.Tetapi kita harus berhati-hati, ada banyak kulit lumpia yang dijual terdapat bahan pengawet yang berbaha bagi tubuh. Memang tidak semuanya, tetapi lebih baik jika kita berjaga-jaga, lebih baik membuat sendiri kita tahu bahan apa saja yang dipakai dan kehigienisan kulit lumpia tersebut terjaga atau tidak. Memang harga kulit lumpia terhitung murah, tapi kita harus berhati-hati dalam memilihnya apakah ada kandungan bahan pengawet yang berbahaya atau tidak, kita susah untuk membedakannya karena kulit lumpia yang bebas dari bahan pengawet da nada bahan pengawetnya sulit untuk dibedakan.  Cara membuat lumpia terdiri dari 2 tahap. Pertama cara membuat kulit lumpia dan yang kedua cara membuat lumpia.

Bahan Kulit Lumpia

  1. Bahan utama dari pembuatan kulit lumpia yaitu tepung terigu  yang telah diayak sampai halus kurang lebih sebanyak 200 ml saja.
  2. Sediakan juga air bersih secukupnya sekurang-kurangnya sekitar 200 ml.
  3. Dua butir telur ayam, yang diambil hanya putih telurnya saja.
  4. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera anda.

Cara Membuat Kulit Lumpia

  1. Pertama ambil wadah untuk adonan kulit lumpia , lalu masukan tepung terigu dan garam dapur. Aduk semua bagian hingga tercampur rata.
  2. Tuangkan air yang tadi sudah disiapkan sedikitdemi sedikit kedalamwadah adonan sampai tercampur hingga rata.
  3. Siapkan wajan atau teplon, bagian dasar teplon atau wajan dioles sedikit minyak supaya tidak lengket.
  4. Setelah wajang atau teplon panas, ambil kuas yang berukuran sedang , kemudian celupkan ke dalam wadahadonan lumpia.
  5. Oleskan kuas tersebut diatas teplon atau wajan sampai rata, dan ulangi lagi olesi sampai rata supaya nanti tidak mudah sobek, minimal 2 kali olesan   Jangan terlalu tebal.
  6. Tunggu sampai kulit lumpia matang.
  7. Setelah matang kemudian angkat kulit lumpia, dari pinggirannya sampai ketengah sampai warna kulit lumpia berubahwarna menjadi putih, kering dan agak sedikit mengelupas pada bagian kulit lumpia) kenudian sisihkan.
  8. Ulangi sampai semua adonan kulit lumpia habis. Jika anda ingin membuat stok, sebaiknya dimasukkan ke dalam wadah kedap udara dan masukkan kedalam lemari pendingan, kalu bisa setiap lembar dialasi plastic supaya tidak lengket.

Itulah cara membuat kulit lumpia sendiri praktis bukan? Silahkan coba langkah-langkah diatas untuk mendapatkan kulit lumpia yang berkualitas dan juga higienis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *